Ingin Pelihara Ikan? Ini Sob Caranya.

20120712-150010.jpg

Pelihara ikan? Sesuatu hal yang kamu pikir ribet sob, apalagi bagi yang sudah mempunyai anak dan anak kalian pengen pelihara ikan, eitss…njangan keburu bilang tidak pada anak kita sob. Berikut in ada tips dari parenting.co.id yang memberikan tips untuk memelihara ikan. Oke sob, tunggu apa lagi, ayo kita pelihara ikan.

Sebelum mengajak anak memelihara ikan di akuarium, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Simak tipsnya berikut ini:

Perhatikan ukuran akuarium
Saat memulai membuat akuarium, pastinya Anda tidak pernah mempertimbangkan untuk langsung membeli akuarium ukuran besar. Namun, tahukah Ma, ternyata akuarium besar memiliki keuntungan sendiri. Jika filter akuarium atau pemanas air rusak, air di dalam akuarium besar akan bertahan lebih lama dan memberikan waktu lebih lama untuk menyelesaikan masalah-masalah yang bisa terjadi.

Ikan air tawar atau laut?
Ikan air tawar akan lebih mudah dirawat daripada ikan air laut. Tapi sebelum akuarium tersebut siap, tanyakan pada penjual ikan (atau mungkin baca buku mengenai perawatan ikan) untuk mengetahui tips-tips cara mengganti air, memasang filter akuarium, dan cara menciptakan lingkungan akuarium sehat untuk ikan-ikan Anda.

Cermat pilih ukuran ikan
Ikan ukuran kecil merupakan ikan yang terbaik, seperti jenis neon tetra dan cardinal tetra, cory cats, gouramis, dan zebra danios (ikan mas lebih memerlukan perhatian ekstra). Akuarium yang memiliki lampu akan lebih memerlihatkan warna indah dari ikan-ikan tersebut. Tapi, sebaiknya jangan nyalakan sepanjang hari karena akan memicu pertumbuhan lumut lebih cepat.

Makanan ikan
Apapun makanan yang diberikan untuk ikan Anda, jenis kering, berbentuk pellet, ataupun makanan ikan alami (seperti cacing, dll) jangan pernah memberi makan ikan Anda berlebihan. Makanan yang tidak termakan akan membuat akuarium Anda kotor. Anak Anda tetap bisa memberi makan ikan tersebut, tapi jangan lupa ingatkan untuk memberikan takaran yang pas.

Peliharalah lingkungan akuarium sehat
Anda harus mengganti 1/5 air akuarium tersebut sedikitnya seminggu sekali, tapi lebih baik jika ½. Tapi jangan terlalu sering mengganti air akuarium karena bakteri yang hidup untuk membantu ikan tetap sehat akan mati.

Penulis : Cheryl Pricilla Bensa (parenting.co.id)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s